Sunday, October 18, 2015

6 Macam Input Device


Input Device adalah perangkat atau komponen elektronika yang digunakan dalam suatu komputer sebagai media untuk memasukan data dari luar kedalam suatu memori dan processor untuk diproses sehingga menghasilkan informasi yang utuh.


Macam Input Device


Keyboard


Keyboard adalah sebuah papan yang terdiri dari tombol huruf, angka dan simbol. Dalam Bahasa Indonesia, keyboard disebut juga papan tombol jari atau papan tuts.




Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus, serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file, membuka file, dan perintah lainnya.

Pembagian tombol pada Keyboard



Sebuah Keyboard pada umumnya memiliki bagian-bagian tombol sebagai berikut :
  1. Tombol Alphanumeric (Typewriter keys/Typing keys) :                                         Tombol yang terdiri dari tombol angka, huruf, dan simbol. Tombol ini biasanya terdiri dari karakter, dimana karakter akan muncul jika kita menekan tombol tersebut dan karakter satunya akan muncul jika kita menekan tombol sambil menahan tombol Shift.
  2. Tombol Numeric (Numeric Keypad) :                                                                     Tombol angka yang berada dibagian kanan keyboard. Pada Komputer Laptop/netbook, tombol ini menyatu dengan tombol alpha-numeric.
  3. Tombol Fungsi (Function Keys) :                                                                                 Tombol yang berada dibagian Atas terdiri dari tombol F1 hingga F12.
  4. Tombol Navigator (Control Keys) :                                                                         Tombol panah atau arah dan lain-lain. berfungsi untuk memindahkan kursor.
  5. Tombol Khusus (Special Command Key) :                                                               Tombol Windows, klik kanan, dan lain-lain.

Macam-macam keyboard berdasarkan Port (Colokan) :

Keyboard Serial :
Contoh untuk keyboard ini adalah :
Sejin SKR-1032



Keyboard PS/2 :

Contoh untuk keyboard ini adalah : 
IBM Enchanted 32P5000 SK-8811












Keyboard USB (Universal Serial Bus)

Contoh untuk keyboard ini adalah :
Ultra Slim USB Keyboard - USB, 105 Ke










Keyboard Wireless (Tanpa Kabel)

Contoh untuk keyboard ini adalah :
Elecom Wireless Keyboard TK-FDP021














Mouse

Mouse Komputer adalah sebuah alat input komputer yang digerakkan oleh tangan, dan berfungsi mengubah gerakan menjadi instruksi atau perintah.



Mouse ini berfungsi untuk memindahkan pointer atau kursor secara cepat. Mouse pada umumnya memiliki tiga tombol, dimana 2 tombolnya disebut sebagai tombol utama (2 main buttons) yaitu tombol kanan dan kiri. Sedangkan 1 tombol lagi yang disebut sebagai scroll button (tombol roda atau whell button) ini yang berfungsi untuk menggulung atau memindahkan tampilan dari atas kebawah, dari bawah ke atas dengan cepat.




Jenis-jenis mouse :

Mouse Mekanik (Mechanical Mouse)

Mouse jenis ini sering juga disebut Mouseball (mouse bola), mouse yang pergerakannya menggunakan bola mouse. Untuk menggunakan mouse ini, diperlukan alas yang disebut Mousepad.











Mouse Optik (Optical Mouse)
Mouse ini merupakan pengembangan dari mouse mekanik. Mouse ini menggunakan deteksi sinar LED (Light-Emitting-Diode) dan photo diodes untuk menggerakkan pointernya. Mouse ini lebih akurat dan nyaris bebas perawatan dibandingkan mouse yang masih menggunakan bola.






Mouse Gyroscopic
Mouse ini memang berbeda dari mouse yang biasanya karena mouse ini pergerakannya diudara. dengan kata lain, mouse ini tidak harus atau tidak memerlukan landasan.















Mouse 3D (BATS)
Mouse yang prinsip kerjanya menggunakan ultrasound.


















LightPen

Light Pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor).

















Joystick dan Games Paddle

Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.



Graphics  Pads

Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphic Pads. Graphic Pads ini merupakan input atau masukkan untuk menggambar objek pada monitor.
















Microphone dan Headphone

Microphone dan Headphone adalah alat yang berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara.

















No comments:

Post a Comment